LIBURAN BERKESAN

Ujian Akhir Nasional telah berakhir, setelah menjalani UN dan Ujian praktek dari sekolah. Kami mengadakan acara perpisahan. Sambil menunggu ijazah keluar, kami hanya liburan saja di rumah. Kerjaan sehari-hari Cuma makan, tidur, nonton tv dan sebagainya. Lama kelamaan saya juga bosan dengan keadaan seperti ini. Akhirnya saya mengajak orang tua saya berkunjung ke tempat nenek di pedesaan.

Kemudian kami pergi menju rumah nenek dengan naik mobil pribadi. Sesampainya di tempat nenek itu matahari sudah mulai mau tenggelam di ufuk barat. Rembulan menyinari halaman rumah nenek dengan terangnya, membuat perasaan hati menjadi tenang dan nyaman.

Keesokan paginya setelah saya selesai shalat subuh, saya membuka jendela kamar. Dari dalam kamar terasa sejuk hembusan angin pagi pedesaan yang menggoda saya untuk keluar rumah dan ingin menikmati pemandangan indahnya perkampungan. Beberapa menit saya berjalan menuju persawahan, saya pun menemukan sebuah lading di pinggiran sawah. Saya pun duduk bersantai di lading. Entah mengapa saya jadi melamun melihat pemandangan padi yang menguning di sawah. Tiba-tiba lamunan saya terpecahkan oleh segerombolan angsa yang mendekati saya. Saya pun iseng-iseng saja melempari angsa tersebut dengan segumpal tanah. Lemparan saya tadi ternyata mengenai seekor anak angsa tersebut dan membuat sang induk bersuara nyaring menandakan kalau ia sedang marah dengan saya. Perlahan-lahan saya mencoba berlari menghindar karena dikejar oleh beberapa angsa. Saya berlari terbirit-birit dan terus berlari ke tengah sawah. Seiring berlari di pematang sawah, saya ternyata kehilangan konsentrasi dan membuat saya jatuh ke lumpur sawah. Kaki, tangan, baju, semuanya menjadi kotor. Ditambah lagi penderitaan, ibarat sudah jatuh, ketiban tangga lagi. Sudah terpeleset, dicucur angsa lagi. Akibat cucuran angsa tersebut membuat kulit saya menjadi memerah dan terasa sedikit perih ketika terkena air. Tambah lagi penderitaan, setelah dicucur tadi saya mendapat hadiah yang sama sekali tak pernah diharapkan, yakni diberakin oleh angsa. Aduh, selain kotor, tubuh saya juga sakit. Saya pun tak mau tinggal diam saja disebu oleh angsa-angsa nakal tadi, saya bangun dan berlari lagi. Alhamdulillah sekarang saya tidak dikejar-kejar lagi.

Ternyata di dekat saya ini ada sebuah sumur kecil, airnya jernih sekali sehingga menggoda saya untuk mendekatinya. Saya mencebok air sumur itu dengan sebuah tempurung kelapa. Ketika air itu menyentuh kulih saya yang kotor ini, sangat terasa segarnya, seakan-akan bias membuat saya lupa dengan kejadian tadi. Saya mengambil air lagi dari sumur itu, sampai yang ketiga tiba-tiba saya tergelincir dari sisi sumur yang licin itu dan membuat tubuh saya sekarang masuk ke dalam sumur. Untung tidak ada orang yang melihat, kalau ada bias malu tujuh turunan saya ini. Saya keluar dari sumur itu dengan tiarap karena hampir tidak punya tenaga lagi untuk bangkit dan pulang menuju rumah nenek. Tapi saya berusaha sekuat tenaga sampai titik penghabisan.

Akhirnya saya sampai juga di depan rumah nenek setelah berjalan jauh dari sawah. Aduh, ternyata semua orang yang ada di rumah nenek telah pergi entah tahu kemana dan semua pintu juga dalam keadaan terkunci. Saya pun hanya bias berdiam diri di pelataran rumah nenek sambil bersiul-siul di dekat sangkar burung kesayangan kakek. Ini dia, lagi-lagi saya dapat rejeki nomplok yang tak terduga, si burung ternyata buang kotoran tepat di atas hidung saya. Terasa hangat dan bau. Tapi segera saya buang kotoran tersebut dengan daun jambu yang dipetik di halaman rumah.

Memang hari itu biasa terbilang sial, tapi saya hanya memandang dari sisi baiknya saja, setiap masalah pasti akan selalu ada menghampiri kita, cuma tinggal bagaimana kita menanggapinya. Apakah kita akan memandang negatif dengan mengeluh atau memandangnya dari sisi positif dengan tetap bersabar dan berdo’a kepada Allah SWT supaya masalah yang dihadapi ini dapat kita hadapi.

*****

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s