Mengoptimalkan Fungsi Otak Kiri dan Kanan

Menurut Roger Sperry pemenang hadiah Nobel pada tahun 1981 dinyatakan bahwa manusia hidup dengan menggunakan 2 otak yaitu otak kiri dan otak kanan.
Otak kiri berada di sebelah kiri kepala mengendalikan tubuh bagian kanan sedangkan otak kanan berada di sebelah kanan kepala mengendalikan tubuh bagian kiri.
Sebagian besar manusia selama hidupnya lebih banyak menggunakan otak kirinya sekitar 90 % dan menggunakan otak kanannya hanya sekitar 10 %.
Makanya kita perhatikan banyak banget teman kita yang menulis memakai tangan kanan yang berarti mengandalkan otak kirinya …bagaimana dengan kidal? Nah itu dia, orang seperti ini dia menggunakan otak kanannya.
Belajar matematika, fisika, kimia dan pelajaran sekolah bagaimana ? itu juga menggunakan otak kiri. Kalau begitu banyak sekali pekerjaan yang selalu mengandalkan penggunaan otak kiri karena selalu menggunakan tangan kanan ? Yup…..kamu benar. Kalau begitu juga….. ngapain ada otak kanan ? yeeee…. yah jelaslah sebagai penyeimbang, kalau ada kiri pasti ada kanan, bener gaaaak…..
Sekarang nilai dirimu ya, kamu lebih banyak menggunakan otak kiri atau otak kanan. Ini cirinya :
Ciri orang yang lebih banyak menggunakan otak kiri
1. berpikirnya linier/ searah biasanya berdasarkan logika
2. Kalo ngomong biasanya gak pake perasaan
3. gampang menghafal ( sampe titik koma hafal apalagi kalo mo ujian
he..he… dasar otak kiri )
4. biasanya kalo berdebat mo menang sendiri ( emang kamu siapa ? )
5. biasanya punya nilai akademik tinggi
6. dll pokoknya yang berhubungan dengan akademik dan intelektual
Ciri orang yang lebih banyak menggunakan otak kanan
1. berpikirnya berfluktuasi/naik turun ( contoh : aku mengerjakan sesuatu karena aku
menyukainya )
2. kadang punya ide dan pikiran yang gila-gilaan
3. suka menghayal
4. pemimpi
5. arah pikiran susah ditebak
6. punya imajinasi tinggi
7. lebih kreatif
8. dll pokoknya yang berhubungan dengan aspek artistic n naluri
Bila kamu hanya mengandalkan salah satu otak saja, berarti mengurangi potensi otak secara keseluruhan. Bagaimana bila menggunakan 2 belahan otak ? itu bagus ! dengan demikian berarti menggunakan semua kapasitas otak yang dimiliki yaitu kekuatan otak yang ganda.
Kalo gitu penting banget ya otak kanan itu ? tentu penting banget. Tapi sayang penggunaan otak kanan belum dimaksimalkan oleh kita dan keadaan.Lho kok ? iyaaaaa….. Nih buktinya …….selama kurang lebih 16 tahun kita sekolah dari SD sampe S1, kita lebih banyak menggunakan otak kiri untuk mempelajari mata pelajaran sekolah seperti matematika, fisika dll dan hanya sedikit sekali mata pelajaran yang menggunakan otak kanan seperti olah raga dan keterampilan, daaaan nilai ato prestasi selalu dinilai oleh tingginya nilai akademik sekolah, seolah yang nilai matematikanya 5 di nilai bodoh ( hmmmm…..terlalu….) ya gitu deh…..
Jadiiiii…….otak kanan harus dioptimalkan penggunaanya agar seimbang dengan otak kiri dooong…..???? yuuuup lagi….. ( emang enak kalo dengerin lagu lewat headset yang kiri suaranya besar sedang yang kanan suaranya kecil…mending gak usyah deh…)
Kalo begitu bagaimana caranya mengoptimalkan otak kanan ?
Caranya…?????!!!! Mau tau ya…( he…he….)
Gampang !
Nih dia :
1. Belajar sempoa ( OH NO….aku gak mau, dah besar kok masih belajar sempoa seperti anak kecil ). Yeeee….jangan salah belajar sempoa tuh melatih penggunaan otak kanan agar lebih optimal loh, bisa buat kamu lebih kreatif n gak gampang menyerah, lebih mandiri dan lebih konsentrasi, juga buat kamu lebih cepat berhitung ( coba kerjakan soal ini 2.345.765 : 2 = ? ( dalam waktu 15 detik n gak pake coret2an bisa gak )….( yeh paling kamu gak bisa…kan he….he….he…:P)
2. Buat puisi. Tulis aja semua kata yang berlalu lalang di kepalamu n…voila….jadilah puisi pertama hasil karyamu
3. Coba nyanyikan ulang lagu dari penyanyi kesayangnmu keras-keras, jangan malu ( biar fals gpp…toh memang itu suaramu….aku ngerti kok )
4. Tuliskan impianmu diatas kertas misal kamu ingin punya istana yang bagus dengan kolam yang ada angsa di depannya ato kamu ingin punya jet pribadi yang bisa membawamu terbang kemana-mana….tulis aja namanya juga menghayal ( menghayalkan gak bayar knapa mesti takut )
5. Menggambar pemandangan
6. Belajar naek sepeda
7. Berrenang
8. Latihan Footsal
9. Maen Game ( kalo maen jangan kelamaan sampe lupa waktu lagi yah…)
10. Malamun ( Hmm…..asyiiik….)
11. Menyulam
12. Menjahit
13. Dll pokoknya yang berhubungan dengan kreatifitas, imajinasi n khayalan.
Nah di coba deh gak da ruginya kan…..
Oya…kamu tau gak untuk seorang pebisnis penggunaan otak kanan tu penting banget, terutama untuk negosiasi bisnis. Karena yang namanya nego tu mesti pake parasaan, naluri n intuisi.
Seandainya kamu menggunakan otak kirimu saja saat nego dijamin gak bakalan gol, karena partner bisnismu akan menilaimu orang yang gak berperasaan, intuisi bisnisnya payah, nalurinya gak tajam mending gak berhubungan aja ma orang seperti ini dll….dll….
Gak percaya… praktekin aja.
Bakalan rugi….beneeer…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s