Cara menghemat baterai Samsung Galaxy Ace

Liburan panjang akhir semester genap ini sepertinya saya tak punya kegiatan apa-apa di kampung halaman. pake hape symbian merek N*ki* ternyata membuat saya tidak puas menikmati layanan internet di kampung. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli Samsung Galaxy Ace.
Hari pertama setelah membeli gadget ini saya sempat merasa kecewa karena baterainya hanya mampu bertahan 5 jam.
Setelah saya tanya ke Dokter, ke Psikolog, Ke Dukun beranak, ke Bidan, dan kepada Paman Google ternyada saya berhasil menemukan cara menghemat baterai samsung galaxy Ace saya.

Berikut beberapa caranya:
- Kalau anda berani, coba anda lakukan Rooting pada Samsung Galaxy Ace Anda, tapi ada resikonya sih, yakni garansi Anda hilang. Tentang keuntungan dan kerugian Root Android ada pada postingan saya sebelumnya.
- Hape Anda menjadi boros baterai dikarenakan koneksi internetnya jalan terus (autosync nya aktif). Cara mengatasinya seperti ini:
Buka Setting > Account and sync
Nah disana ada dua kotak ceklist, coba Anda hilangkan centang di Background data dan di Auto-sync.
Selanjutnya pada bagian Manage Accounts terdapat beberapa akun anda. Buatlah supaya semua sync akun-akun anda itu menjadi OFF (Sync off).
- kemudian pada sound Android anda.
Buka Setting > Sound
Hilangkan contengan pada Screen lock sound supaya ada sedikit membantu menghemat baterai Hape anda.
Kemudian atur di Volume
aturlah system volume menjadi paling minim dan jangan setting suara medianya menjadi Full.
- Atur juga tampilannya
Buka setting > Display
buat lah supaya Brightness layar hp anda menjadi yang paling redup. Lalu hilangkan contengan pada auto-rotate screen (hal ini juga lumayan berpengaruh dalam penghematan baterai).
- Buka juga Setting > Location and security
Hilangkan contengan di Use GPS satelites.

Silahkan coba tips saya itu, saya sudah mencobanya pada Samsung Galaxy Ace saya yang udah saya upgrade ke GINGERBREAD.XXKPH (Android Version 2.3.4), semoga hal diatas juga berlaku untuk Froyo Anda…

Good Luck

32 responses to “Cara menghemat baterai Samsung Galaxy Ace

  1. makasih gan infonya……2 hari kmrn bingung dgn borosnya samsung galaxy gio-ku..*maklum pemakai baru*

    tp dgn adanya tips ini dan saia terapkan, ya lumayan bisa longlife batterai…

  2. baru di coba gan, makasih infonya.

    ada tips2 lain gak ttg galaxy ace? baru beli nih soalnya. biar bisa optimum aja penggunaannya.

    thanks.

  3. kenapa root kok bisa menghemat baterai?
    ace saya pake android 2.3.3, dan sudah diroot. tapi masih boros euy. sehari bisa ngecas 2 kali.
    saya install android booster. setiap habis pakai aplikasi, kemudian saya kill pake android booster. tapi ada beberapa aplikasi yang running lagi secara otomatis, seperti map (bawaan), Email (bawaan), facebook, Gmail (bawaan).
    emang sih saya panteng di 3G, pake whatsapp, dan touchdown… hehe. tapi apakah seboros itu yak??

  4. Makasih infonya yahh.. dah d terapkan nih.. Mudah2an berguna..
    Setress bru beli Galaxy Fit, baterainya cepat kandas..

    Good luck.. :)

  5. yg saya ace udah 2.3 terus udah ngikutin tips agan ini ko masih boros yah
    emang sih saya manteng di 3G tapi pemakean cuman whatsapp sama uber doang gan
    tolong infonya dong

  6. gan semua langkah udah dilakukan tapi tetap aja boros malah pake aplikasi esaasy batrey saver lg ttp jg boros ga sampai 1 hari,,,,apa krnA BTRENYA UDH LOW YA?????

    • Sebenernya banyak gan.
      Aplikasi yg cepet bikin baterai habis/hp anda panas itu adalah aplikasi yg berjalan di background procces.
      Misalnya: Catfiz, Line, What app, YM, dll… lakukan force close aja kalo mau mematikannya…

  7. Semua cara sudah dicoba. Pada dasarnya android memang boros di battery.
    Tapi coba kiat ini: pasang aplikasi JUICE DEFENDER. Tapi jelas nggak bisa terus menerus tersambung internet krn tugasnya mematikan sambungan internet saat layar padam. Lumayan memperpanjang umur battery.
    Satu lagi, mungkin krn memasang aplikasi launcher aneh2 jadi boros juga!
    Salam…

  8. wah,,,Galaxy GT-S5830 ku udah hampir 1 tahun. trus boros batre. aku beli lagi batre tapi beda tipe. yang GT-S5860. ternyata sama aja borosnya. aku coba tips ini smoga bisa ya. hehe, makasih

Leave a Reply

